flatnews

Hadi Purnomo Tersangka, Antara Pilpres, Megawati dan Bailout Century

KPK baru saja menetapkan "mantan" ketua BPK hadi Purnomo sebagai tersangka korups kasus keberatan pajak oleh BCA pada tahun 2003....


KPK baru saja menetapkan "mantan" ketua BPK hadi Purnomo sebagai tersangka korups kasus keberatan pajak oleh BCA pada tahun 2003. Ini menjadi kado pahit bagi Hadi Purnomo yang baru saja pensiun dari ketua BPK.

Setelah perpisahan dengan jajaran BPK, Hadi Purnomo harus mennyaksikan KPK menertapkan dirinya sebagai tersangka. Tak ada bocoran apapun terkait penetapan ini sebelumnya. Ketua KPK Abraham Samad langsung yang mengumumkan penetapan Hadi Purnomo sebagai tersangka. Penetepan ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun Hadi Purnomo yang ke-67.

Banyak spekulasi terkait penangkapan Hadi Purnomo ini, apalagi suasana politik memanas menjelang pilpres. Bahkan ketua KPK Abraham Samad juga disebut sedang mengambil keuntungan, karena dirinya digadang-gadang akan maju sebagai cawapres salah satu calon kuat saat ini. Namun pengamat politik Universitas Indonesia Said Salahudin berpendapat bahwa hal itu terlalu naif. Menurutnya biarlah semua kasus berjalan sesuai aturan hukum yang ada.

Pun kondisi memanas saat pilpres bisa saja dikaitkan dengan penetapan Hadi Purnomo sebagai tersangka. Kasus yang menjerat Hadi Purnomo terjadi saat dirinya menjabat sebagai Dirjen Pajak dari 2002-2004. saat itu pula Megawati masih berkuasa sebagai Presiden. Bisa jadi dari mulut Hadi Purnomo nantinya bisa keluar banyak "kejanggalan" di era Megawati memimpin.

Kita tahu bersama tersangka BLBI mendapat "pengampunan" pada era Megawati. Entah berhubungan atau tidak, setidaknya cukup memberikan sinyal pada Megawati yang saat ini bersama PDIP dan Jokowi masih cukup populer menjelang pilpres pada 9 Juli mendatang.

Century juga dikaitkan cukup keras dengan hadi Purnomo. Maklum BPK yang melakukan audit pada Bank Century dan ditemukan banyak kejanggalan dalam kasus Bank Century. Jusuf Kalla sendiri tetap menghimbau seluruh pihak untuk percaya pada KPK, sehingga kasus Hadi Purnomo ini bisa berjalan sesuai hukum yang ada. (IDC)

Penulis: Ibnu Dwi Cahyo
Twitter: @Ibnucloudheart


Reactions: 

Related

Nasional 8186084120786455770

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item