flatnews

Merek Lokal Berbenah, Kini Murah dan Berkualitas

Evolusi komunikasi salah satunya ditunjang oleh berkembang pesatnya smartphone dan tablet. Uniknya industri yang satu ini tak hanya menja...


Evolusi komunikasi salah satunya ditunjang oleh berkembang pesatnya smartphone dan tablet. Uniknya industri yang satu ini tak hanya menjadi monopoli merek-merek besar ternama. Di Indonesia merek-merek lokal menjadi pemain yang semakin hari semakin diperhitungkan.

Walau mengusung label merek lokal, nyatanya perakitan seluruhnya dilakukan di China. Hal tersebut karena pertimbangan biaya yang lebih murah. Namun kini beberapa merek lokal mulai bebrani memproduksi di dalam negeri. Seperti Advance dan Evercoss yang sudah berkomitmen dengan membangun pabrik di kawasan industri pasadena Semarang.

Harapannya setelah adanya pabrik di Semarang, ongkos prosuksi bisa ditekan dan lebih murah dari China. Dengan adanya saving yang meningkat, merek lokal bisa meningkatkan riset untuk melahirkan produk lebih berkualitas.

Saat inipun merek lokal seperti Advance, Mito dan Evercoss sudah mendapatkan tempat di masyarakat. Selain kualitas yang terus diperbaiki, harga yang lebih terjangkau memang menjadi idaman konsumen dalam negeri. Tak hanya itu, merek-merek lokal semakin meluaskan jaringan customer service untuk memperbaiki pelayanan apabila ada produk yang rusak.

Merek lokal memang sudah sepatutnya waspada sejak dini. Karena trend gadget murah sedang melanda seluruh dunia, dan ternyata pabrikan besar macam Lenovo, Motorola, BlackBerry, Asus dan Samsung cukup responsif menghadapi keinginan pasar. Bila tak mampu meningkatkan kualitas, niscaya masyarakkat akan lebih memilih produk luar yang terjamin kualitasnya. (IDC)

Penulis: Ibnu Dwi Cahyo
Twitter: @Ibnucloudheart
Reactions: 

Related

Tekno 5581235997452494923

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item