flatnews

Simpel dan Useful, Kunci Sukses Bisnis Aplikasi

Smartphone dan dunia gadget memebrikan warna tersendiri dewasa ini. Pertumbuhan yang pesat juga memaksa para developer aplikasi bekerja ...


Smartphone dan dunia gadget memebrikan warna tersendiri dewasa ini. Pertumbuhan yang pesat juga memaksa para developer aplikasi bekerja keras. Smartphone saat ini tak hanya berlomba soal performa. Lebih jauh pabrikan besar berlomba menghadirkan aplikasi yang disukai konsumen.

Sudah banyak yang sukses, namun jauh lebih banyak yang gagal menghadirkan game maupun aplikasi yang laris di pasaran. Salah satu contoh sukses adalah Whatsapp. Sampai 2010 BBM (BlackBerry Messenger) melenggang sendirian sebagai instant messaging terbaik.

Kehadiran Whatsapp pada 2010 disambut baik. Kehadirannya yang lintas platform iOS, Android, Symbian, Asha, Windows Phone dan BB langsung menempatkannya sebagai instant messaging nomor satu, sampai saat ini. Bahkan Facebook rela merogoh kosok 209 trilliun rupiah untuk mengakuisisi Whatsapp. Padahal umurnya belum gena 4 tahun. Pertumbuhan nilai ekonominya melesat jauh diatas perusahaan minyak terbesar manapun.

Yang fenomenal adalah Nick D'Aloisio. Remaja 18 tahun ini berhasil meraup uang 30 juta dollar AS atau 290 milliar rupiah dengan menjual aplikasi Summly ke Yahoo pada April 2013 lalu. Summly adalah aplikasi pembaca berita semacam Flipboard.

Awalnya Nick pusing mngumpulkan artikel dari internet untuk tugas sekolahnya. Lalu Nick berusaha membuat alikasi yang memudahkan dirinya mengumpulkan artikel. Summly nama aplikasi tersebut, pertama kali hadir di iOS. Sambutan positif dan banyaknya jumlah download menarik perhatian Yahoo. CEO Marissa Meyer tak ragu membeli Summly. Saat ini namanya sudah berubah menjadi Yahoo Digest dan bisa diinstal di Android maupun iOS.

Yang fenomenal beberapa waktu lalu adalah Flappy Bird. Siapa menduga game dengan grafis seadanya dan model permainan sederhana bisa menghadirkan kehebohan di seluruh dunia. Adalah Dong Nguyen yang melahirkan game tersebut. Jumlah download yang sempat menjadi nomor satu di iOS maupun Google Playstore membuat pemuda Vietnam itu mengantongi 50 juta rupiah setiap harinya. 

Di Indonesia ada PicMix yang menjadi aplikasi terbaik di BlackBerry. Aplikasi editing foto ini cukup mendapat sambutan positif, bahkan juga di android. PT KAI tak mau ketinggalan membuat alikasi pemesanan tiket, walau hanya eksklusif di BlackBerry saja. Hebatnya lagi, pemesanan juga mencakup memilih tempat duduk.

Yang sedang naik daun adalah aplikasi BaBe (Baca Berita). Aplikasi semacam Summly dan Flipboard, namun hanya mengumpulkan berita dari portal Indonesia saja.

Kunci sukses dari bisnis aplikasi dan game sederahana saja. Pertama aplikasi tersebut harus gratis dinikmati pengguna gadget. Lalu aplikasi tersebut harus simpel dan user friendly, tak susah mengoperasikannya. Dan yang paling penting adalah aplikasi harus useful, mempunyai menfaat yang terus menerus bisa diandalkan oleh pengguna smartphone. (IDC)

Penulis: Ibnu Dwi Cahyo
Twitter: @Ibnucloudheart
Reactions: 

Related

Tekno 8832835725295138316

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item