flatnews

Pengamat: JK Babak Belur Dalam Debat Cawapres

Catatan Debat ke 4 Hatta Rajasa Dominasi Debat Cawapres Hatta Rajasa mampu memutar balikkan prediksi banyak pihak yang memperkirakan diri...


Catatan Debat ke 4

Hatta Rajasa Dominasi Debat Cawapres

Hatta Rajasa mampu memutar balikkan prediksi banyak pihak yang memperkirakan dirinya akan didikte Jusuf Kalla.

Sepanjang sesi, Hatta mampu mendominasi Irama debat dan mengungguli Jusuf Kalla hampir di semua sesi.

Dalam Debat ke 4 ini, Jusuf Kalla gagal menunjukkan kegemilangannya saat debat pertama. Jusuf Kalla banyak terjebak pada nostalgia cerita lama saat dirinya menjadi wakil presiden SBY dan kurang maksimal menyampaikan visi-misi nya kelak bila terpilih menjadi wapres Joko Widodo.

Sementara itu Hatta Rajasa mampu menegaskan dan memperbaiki penjelasan visi-misi yang diutarakan Prabowo pada debat sebelumnya.

Secara Konten, keduanya menyampaikan materi yang berbobot. Pandangan Hatta tentang inovasi teknologi dan kewirausahaan untuk mengatasi bonus demografi sangat tepat.

Jusuf Kalla juga cukup mampu menjelaskan tentang maksud revolusi mental yang sering didengungkan.

Debat dua mantan bintang pada kabinet SBY ini memang sangat menarik dibanding debat sebelumnya karena sarat konten strategic dan implementatif secara bersamaan.

Catatan untuk KPU adalah untuk mempersiapkan moderator lebih advance untuk hal teknis debat karena kerap melakukan blunder yang nyaris merugikan salah satu pasangan.

Hendri Satrio
---------------------------

Hatta Menang Telak Atas JK

debat kali ini dimenangkan telak oleh Hatta. Penampilan, content, data dikuasai oleh Hatta. Hatta tampak mendikte JK yang tampak kedodoran dalam setiap pertanyaan yang diajukan oleh Hatta. Contoh, konsep revolusi mental yang ditanyakan Hatta tidak mampu dijawab secara logis oleh JK. JK juga memberikan contoh yang kurang pas seperti cerita si kancil harus dihapus karena tidak sesuai dengan revolusi mental, padahal dalam perspektif berbeda si kancil itu bisa dianggap cerdik, bukan pencuri. Di sisi lain, gaya JK yang akan menghapus cerita si kancil seperti gaya Orde Baru yang melarang segala bentuk ekspresi yang bertentangan dengan visi-misi Orde Baru.
Debat cawapres ini niscaya akan menggiring swing voters untuk menentukan pilihannya ke arah Prabowo-Hatta.

Agung Suprio -Pengamat Politik UI
Reactions: 

Related

Nasional 4035609743293862686

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item