flatnews

Biaya Tiket KA Gubug-Weleri Mahal Akibat tidak disubsidi pemprov

SEMARANG - Rencana pengoperasian kereta komuter jurusan Gubug-Weleri oleh PT Kereta Api Indonesia (KA) daerah operasional (Daop) IV Semar...


SEMARANG - Rencana pengoperasian kereta komuter jurusan Gubug-Weleri oleh PT Kereta Api Indonesia (KA) daerah operasional (Daop) IV Semarang, pada bulan ini belum didukung oleh pemprov Jateng. Belum adanya dukungan, khususnya terkait subsidi tersebut, mengakibatkan harga tiket dipastikan masih mahal. Yaitu mencapai Rp 20 ribu.

Selama ini pemprov belum membicarakan persoalan subsidi dengan PT KAI terkait operasional kereta komuter. Jadi belum ada anggaran khusus menganai pemberian subsidi tarif tiket tersebut,” ungkap Plt Sekda Jateng, Sri Puryono, Jumat (5/9) kemarin.

Meskipun demikian, lanjut Puryono, kalau memang itu baik pihaknya akan siap memberikan dukungan anggaran subsidi tarif biaya tiket komuter tersebut. Pihaknya akan melakukan pro aktif memberikan dukungan itu. 


“Nanti kami akan berkoordinasi dengan PT KAI dulu,” imbuh dia. 


Anggota DPRD Jateng dari PKS, Hadi Santoso mengatakan, sejak dulu ia sudah mendorong kepada pemprov Jateng untuk memberikan subsidi transportasi, termasuk pemberian subsisi kereta lokal jurusan Semarang Solo. Namun, pada anggaran tahun APBD 2014 maupun anggaran perubahan ABPD 2014 belum ada anggaran soal itu.


“Di APBD 2015 dianggarkan untuk subsidi transportasi, tapi untuk angkutan aglomerasi,” kata dia.
Hadi mendesak kepada pemerintah maupun PT KAI tidak hanya mengoperasikan kereta komuter jurusan Gubug-Weleri saja. Tapi jalur-jalur yang selama ini tidak aktif diminta untuk direaktivasi lagi. Seperti halnya Ambarawa-Magelang, Semarang-Pati, dan sebagainya. 


“Jalurnya sudah ada, tinggal direaktivasi saja,”paparnya. 


Sebelumnya, Vice Presiden PT KAI Daop IV Semarang Wawan Ariyanto mengatakan, kereta komuter itu akan diluncurkan bulan ini. Hal itu untuk memfasilitasi pekerja-pekerja di daerah sekitar Semarang, salah satunya dari daerah Gubug, Kabupaten Grobogan.


Wawan mengaku, warga khususnya di Gubug mengharapkan adanya kereta yang berhenti di stasiun yang terletak di salah satu kecamatan tersibuk di Kabupaten Grobogan tersebut. “Oleh sebab itu Komuter akan diberangkatkan, pagi dan dan sore hari atau sesuaikan dengan waktu jam kerja,” kata dia.


Kereta akan berhenti disetiap stasiun yang dilintasi. Dari Stasiun Gubug, Stasiun Tegowanu, Stasiun Alas Tua, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Poncol dan terus kebarat dan berakhir di Stasiun Weleri. Harga tiket itu diperkirakan sekitar Rp20 ribu.


Sumber: FB Su'udi
Reactions: 

Related

Daerah 8155133544310369127

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item