flatnews

Jateng Buka 1.420 Formasi CPNS, Pembukaan mulai 10-23 September

SEMARANG – Pendaftaran tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 di Jateng dimulai pada 10-23 September. Semua pendaftaran dilakukan seca...


SEMARANG – Pendaftaran tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 di Jateng dimulai pada 10-23 September. Semua pendaftaran dilakukan secara online. Ada 1.420 formasi yang dibutuhkan di seluruh Jateng, sedangkan pemprov hanya tersedia 166 formasi 
Plt Sekda Jateng, Sri Puryono mengatakan, ada 1.420 formasi yang di butuhkan di seluruh Jateng, adapun yang hanya yang khusus untuk Pemprov Jateng hanya 166 formasi. “Jenis formasinya ada di website,” katanya di kantor gubernuran, Senin (8/9), kemarin. 
Dari 166 formasi yang dibutuhkan di lingkungan Pemprov Jateng itu, rinciannya terdiri empat formasi guru, 89 formasi tenaga kesehatan, dan 73 formasi tenaga teknis. Pelaksanaan tesnya akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2014 sampai selesai. “Untuk di Jawa Tengah, pelaksanaan tesnya akan dilaksanakan di tujuh eks karisedenan di Jawa Tengah,” imbuh Puryono. 
Dikatakan Puryono, pelaksanaan tes CPNS tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun lalu. Untuk tahun ini, pelamar hanya bisa mendaftar di satu intansi, maksimal tiga formasi dengan kualifikasi pendidikan yang sama. “Model tesnya melalui sistem Computer Assisted Test (CAT), hal itu untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan,” imbuh dia. 
Ditambahkan Puryono, pelaksanaan tes itu difasilitasi oleh Pemprov Jateng, baik tempat maupun komputernya. Banyak pihak nanti yang melakukan pengawasan pelaksaan tes itu, mulai dari BIN, Kemenpan, LSM, dan sebagainya. “Tes ini kami laksanakan secara bertahap, tergantung jumlahnya peserta,” kata dia. 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah, Suko Mardiono menjelaskan, pendaftaran itu bisa dimulai dengan melakukan registasi melalui website yang beralamat www.panselnas.menpan.go.id. 
Pada website ini terdapat informasi pernyaratan dan formasi yang lowong pada semua intansi. Melalui website itu, pelamar diminta mengisi formulir yang meliputi nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, tempat/tanggal lahir, alamat email, serta intansi yang dilamar untuk mendapatkan user name dan password. “Setelah mendapatkan user name dan password dipersilahkan mendaftar melalui www.sscn.bkn.go.id, setelah selesai berkasnya disilahkan dikirimkan melalui pos,” kata Suko. 
Menurut Suko, metode sistem CAT yang digunakan dalam tes CPNS tahun ini untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar calon pegawai. Sistem CAT sepenuhya disusun dan diolah panitia seleksi nasional (Panselnas) dan aplikasinya oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN).
Dijelaskan Suko, dibanding tes yang menggunakan sistem sebelumnya, CPNS 2014 memiliki keunggulan. Yakni pendaftaran peserta dapat melalui online dan terntegrasi menggunakan data base kependudukan. Diterapkan pula sistem single entry, dimana satu orang dapat mendaftar di tiga pilihan formasi pada satu instansi. Persyaratan administrasi seperti SKCK, surat keterangan sehat, kartu pencari kerja (kartu kuning) kini tidak diperlukan pada waktu pendaftaran.
Fasilitas tesnya sepenuhnya ditanggung oleh Pemprov Jateng, Pemprov bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk menyediakan komputernya. 
BKD Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan dana sebesar Rp9,87 miliar dalam pengadaan CPNS 2014. Dana sebesar itu tertuang dalam nota APBD 2014 dengan kode rekening 120.1.20.1027.00005. Selain untuk pengadaan, dana tersebut juga untuk fasilitasi seleksi pengadaan CPNS di kabupaten/kota di provinsi ini.
Reactions: 

Related

Daerah 1608152773362203157

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item