flatnews

Hijarah Jawa nan Islam Seorang Soeharto

Sampai sekarang saya masih bertanya2, apa atw siapa atw bagaimana titik balik religiusitas seorang Pak Harto (Soeharto). Mengambil ba...



Sampai sekarang saya masih bertanya2, apa atw siapa atw bagaimana titik balik religiusitas seorang Pak Harto (Soeharto). Mengambil bahasa Cak Nun, Pak Harto ini hijrah dari Islam Jawa ke Jawa Islam.
Transformasi beliau tidak hanya terlihat dari peribadatan individu saja. Sebagai Presiden beliau mengeluarkan kebijakan yang mengejutkan, mulai dari membentuk ICMI, Koran Republika sampai Bank Muamalat. Yang paling mengagetkan adalah mengirim bantuan ke Bosnia, bahkan datang langsung berkunjung kesana.
Kunjungan Pak Harto pada 13 Maret 1995 adalah wujud dukungan moril kepada rakyat Bosnia yang diserang Serbia. Pasukan PBB bahkan hanya bisa melihat saja, saat ribuan muslim Bosnia dieksekusi mati oleh tentara Serbia.
Kunjungan kenegaraan Pak Harto ke Bosnia ini bukan tanpa resiko. 2 hari sebelum kunjungan tersebut, tepatnya 11 Maret 1995 pesawat PBB ditembak jatuh Serbia. Karena itu Pak Harto dan rombongan menandatangani surat "Kontrak Mati", karena PBB tak bisa menjamin keamanan rombongan Presiden Soeharto.
Kedatangan ke Bosnia ini sangat heroik dan dikenang oleh rakyat Bosnia lewat masjid Soeharto (Masjid Istiklal/Masjid Indonesia) yang didirikan dengan dana dari masyarakat Indonesia.
Di akhir2 masa jabatannya Pak Harto mendirikan Yayasan Muslim Amal Bakti Pancasila yang mendirikan Masjid di seluruh Indonesia, termasuk di lingkungan SMA saya dulu, Taruna Nusantara.
Semoga segala amal kebaikan beliau menjadi pemberat di akhirat kelak. Yang baik punya masa lalu, yang buruk masih punya masa depan. (IDC)
Reactions: 

Related

Nasional 7611759737140419324

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item