flatnews

BCN Diharapkan Segera Terbentuk

Badan Cyber Nasional (BCN) mendesak untuk segera di bentuk, hal ini disampaikan dalam talkshow IT dan geopolitik yang digelar di kamp...



Badan Cyber Nasional (BCN) mendesak untuk segera di bentuk, hal ini disampaikan dalam talkshow IT dan geopolitik yang digelar di kampus UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Jumat (26/6).

Pakar keamanan cyber lembaga riset CISSReC Pratama Persadha menjelaskan bahwa kondisi cyber Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan.

"Kita semakin adiktif dengan gadget dan internet, namun belum bisa mengamankannya. Pemerintah maupun pejabat negara juga belum sepenuhnya aware. Badan Cyber Nasional ini salah satunya bertugas meningkatkan awareness," jelasnya.

Mantan ketua IT kepresiden ini menambahkan bahwa Badan Cyber Nasional diharapkan bisa mengejar ketertinggalan Indonesia dalam menjaga kedaulatan NKRI di wilayah cyber. Menurutnya Indonesia saat ini dalam zona pertempuran asimetris, karena belum siap mengamankan wilayah cyber.

Hal ini diamini oleh wakil ketua Komisi 1 DPR RI, Tantowi Yahya. Menurutnya Indonesia dalam kondisi cukup sulit dalam penguatan pertahanan cyber.

"Masalah serius salah satunya adalah industri pertahanan yang kurang mendapat apresiasi di dalam negeri. Akhirnya pemerintah harus beli alat pertahanan dan software dari luar negeri, namun itu belum tentu aman karena bisa di buka oleh mereka sendiri," tegasnya.

Format Badan Cyber Nasional sendiri masih diperdebatkan. Apakah akan menjadi angkatan perang seperti TNI atau hanya menjadi Badan setara BIN (Badan Intelejen Negara). Baik Pratama maupun Tantowi sepakat jangan sampai pemerintah melakukan bunuh diri dengan terus bergantung pada teknologi asing.

Diharapkan Badan Cyber Nasional bisa menjadi salah satu Badan yang memperkuat pertahanan cyber dan industri pertahanan nasional sekaligus.
Reactions: 

Related

Nasional 7791724228379598916

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item