flatnews

Social Media Wee 2016, Mengawal Teknologi

Tahun 2016 akan menjadi bagian penting dalam lanskap teknologi dunia. Beberapa inovasi penting yang sudah dirumuskan sejak tahun lalu...


Tahun 2016 akan menjadi bagian penting dalam lanskap teknologi dunia. Beberapa inovasi penting yang sudah dirumuskan sejak tahun lalu siap untuk dikombinasikan untuk terciptanya sebuah otomatisasi layanan yang makin matang. Perangkat pintar, konektivitas, analisis data dan machine learning memasuki babak baru. Ketika komponen tersebut mampu bergabung dengan baik, akan muncul berbagai kekuatan baru pemanfaatan teknologi.
“The Invisible Hand: Hidden Forces Of Technology” sebuah tema besar yang akan diangkat dalam pagelaranSocial Media Week 2016 ingin merepresentasikan dari kemajuan tersebut. Di sini akan didiskusikan tentang bagaimana teknologi berperan dalam keseharian masyarkat, untuk kebutuhan bisnis dan untuk menghubungkan kebaikan masyarakat global.
Menjadi sebuah metafora yang cukup fenomenal di abad ke-18, istilah “The Invisible Hand” yang melekat pada Adam Smith diartikan sebagai sebuah manfaat sosial yang tak terduga dari sebuah aksi individu. Konsep ini dinilai sejalan dengan apa yang seharusnya menjadi visi dalam lanskap teknologi saat ini. Ketika setiap kebutuhan masyarkat mampu terfasilitasi dengan baik melalui kanal-kanal khusus yang diciptakan oleh pengembang teknologi di dunia.
Harus disadari bahwa di balik setiap keuntungan yang ada, tertuai titik-titik kelemahan yang harus diminimalisir. Sebut saja layanan transportasi berbasis aplikasi bernama Uber. Uber memberikan keuntungan kepada masyarakat untuk mendapatkan jasa transportasi dengan waktu respon yang cepat, namun terdapat isu terkait stabilitas pekerjaan untuk sang pengemudi.
Ada lagi contoh layanan lain, layanan reservasi restoran Yelp misalnya. Dengan cara kerja yang baik sistem mampu memberikan pengguna rekomendasi restoran mana yang lezat di lokasi tertentu berdasarkan pengalaman pengguna lain. Ternyata tetap saja ada yang mencoba memanfaatkan layanan seperti ini secara kurang benar, dengan memberikan manipulasi ulasan-ulasan di restoran yang ada.
Kasus-kasus tersebut menjadi menarik untuk diperbincangkan. Ketika teknologi mampu memberikan akses cepat dengan otomatisasi tinggi, terdapat celah sosial yang memungkinkan dimanfaatkan untuk keburukan di masyarakat. Teknologi masih menyembunyikan banyak sekali kekuatannya, pemikiran sebagai komponen pembentuk masyarakat teknologi akan berperan besar menciptakan rel yang tepat untuk melajunya perkembangan teknologi di tengah masyarkaat.
Social Media Week merupakan sebuah inisiatif global yang akan membahas bagaimana memastikan kekuatan teknologi mampu termanfaatkan dengan baik di masyarakat, menciptakan keuntungan dan potensi tersembunyi dari setiap aksi individu di dalamnya. Rangkaian Social Media Week akan dilaksanakan serentak di seluruh dunia, termasuk di Jakarta, pada bulan Februari 2016.
Sumber: Social Media Week Jakarta
Reactions: 

Related

Tekno 7752286260459441540

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item