flatnews

Pertarungan DKI 1 Makin Panas

Pertarungan DKI satu makin memanas. Ahok sudah memastikan diri maju lewat partai politik. Setidaknya sudah ada 3 partai yang mengaku b...



Pertarungan DKI satu makin memanas. Ahok sudah memastikan diri maju lewat partai politik. Setidaknya sudah ada 3 partai yang mengaku berkomitmen mengusung Ahok, yaitu Golkar, Hanura dan Nasdem.

Komitmen ketiga partai ini nampaknya bertambah kuat setelah Presiden Jokowi (yang diklaim Ahok sangat mendukung dirinya) memberi kursi dikabinet. Golkar seperti diprediksi mendapat 2 kursi. Nasdem tetap 2 kursi, namun satu kursi Menteri Perdagangan rasanya sangat seksi. Hanura walau berkurang, namun sang ketum partai naik menjadi Menkopolhukam.

Ahok masih berharap PDIP mau mengusungnya. Berita di media-media besar, Ahok dilaporkan terus mendekati Megawati. 

Namun konstelasi makin memanas, setelah terjadi "kudeta" di DPR RI. PKS yang menduduki kursi ketua MKD, tiba-tiba digeser oleh Gerindra. PKS yang tidak terima bisa saja mewujudkan koalisi merah putih bersama PDIP.

Koalisi ini menjadi mungkin dengan pasangan Ruki-Risma, Ruki/Risma berpasangan dengan calon dari PKS. Di PKS sendiri ramai disebut Budi Waseso berpeluang besar diusung oleh partai islam tersebut.

Hubungan Gerindra-PKS memang menghangat, satu diantaranya karena Prabowo kekeuh mengusung Syafrie Syamsudin sebagai Cagub. Sedangkan PKS melihat Syafrie sebagai orang yang terlalu mudah disetir oleh Prabowo. Diketahui, mantan menantu Soeharto ini masih getol untuk maju capres 2019.

Taufiqurrahman Ruki sendiri bukan tidak mungkin akan maju lewat PDIP. Apalagi Ruki juga dikenal dengan dengan PPP. Koalisi PDIP dengan PPP atau PKS atau bahkan keduanya bisa menjadi koalisi besar. Dan rasanya sulit bagi Gerindra untuk berpasangan dengan PDIP.


Reactions: 

Related

Nasional 4645077080022259936

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item