flatnews

Inilah Kiprah Mar'ie Muhammad, Sang Mr. Clean

Mar'ie Muhammad, namanya naik tenar di medio 90-an. Menjadi menteri keuangan era Presiden Soeharto dari tahun 1993 sampai 1998. Orang me...

Mar'ie Muhammad, namanya naik tenar di medio 90-an. Menjadi menteri keuangan era Presiden Soeharto dari tahun 1993 sampai 1998. Orang menjulukinya sebagai Mr.Clean, tak sedikit yang menuduh Mar'ie terlampau pelit karena sangat menjaga urusan apalagi soal keuangan negara.

Bersama Sudirman Said dan Erry Riyana (FB Yustinus Prastowo)


Mar'ie menjadi salah satu toko Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) yang berperan dalam gerakan Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat). Ini membuatnya dekat dengan salah seorang pimpinan militer saat itu, M.Jusuf. Karena itu juga, Mar'ie meenerima pinangan untuk menjadi sekretaris pribadi Sang Jenderal.

Pengabdiannya sebagai sespri tak lama, hanya dua tahun. Ini lantaran Mar'ie muda diterima sebagai pegawai Departemen Keuangan saat itu.Sikap lurusnya mebawa Mar'ie menduduki posisi penting sebagai Kepala Dirjen Pajak. 

Menjadi pejabat bersih memang sangat sulit, apalagi saat orde baru. Namun lurus dan bersihnya Mar'ie inilah yang menjadi anomali, sehingga pers menjulukinya sebagai Mr.Clean. Hal ini berlanjut saat dirinya menjabat Menteri Keuangan.

Mar'ie juga dianggap sebagai tokoh yang punya semangat dan andil dalam melahirkan KPK. Ide-ide briliannya banyak dipakai diawal berdirinya KPK. Mr.Clean meninggal dalam usia 77 tahun.
Reactions: 

Related

Nasional 5529164197847615209

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item