flatnews

Turki Hadapai Kudeta AS-Eropa dan Pembantaian Aleppo

Berikut sedikit ulasan singkat terkait kasus aleppo pada saat ini dari sudut pandang yg lain, semoga bermanfaat. Sebelum kudeta 15 July ...



Berikut sedikit ulasan singkat terkait kasus aleppo pada saat ini dari sudut pandang yg lain, semoga bermanfaat.

Sebelum kudeta 15 July 2016. Turki bisa dibilang lebih dekat terhadap usa dan sekutu nya yg memerangi is** dan menolak kezhaliman rezim Assad. Dukungan Turki, Saudi, Qatar, usa dan nato/EU thd para pejuang Syria /FSA dilapangan ternyata tidak seperti di atas kertas.

Temuan dilapangan bahwa pelaku teror is** dan YPG/pkk mendapatkan dukungan intelijen, politik, dana dan senjata dari israel, usa dan eu. FSA, Turki, Saudi, Qatar telah perlahan ditinggalkan mereka.

Setelah 15 July semakin jelas bahwa usa dan eu terindikasi kuat kontribusinya thd kudeta yg gagal. EU mendanai PKK 3 juta Euro/th dan usa melindungi FETO.

Perancis, İnggris, usa dan negara EU lainnya dapat dibilang hanya mengulur-ulur wkt saja dg tdk mengirim langsung pasukannya utk memerangi is** atau rezim assad.

Apa Target mereka?
Membuat peta baru Timur tengah, pengaruh kekuasaan dan agenda ekonomi demi kepentingan mereka dengan jalan adu domba umat İslam dengan berbagai bentuknya.

Bentuk adu domba
1) İs** dg teori laba2 mengumpulkan org2 yg extrem dlm beragama sbg alat bersama utk memerangi umat İslam. Sebagian besar anggota is** adalah muslim sunni. İs** bentukan usa (Debat Hillary and Trump)

2) Rezim assad. Dipertahankan oleh Rusia, China dan İran cs/syiah. Peneguhan rezim ini membuka pintu semakin lebar bagi Rusia ke Syria, meskipun di latakia sdh ada basis militer Rusia, nmn dg kasus ini rezim assad semakin memberikan perpanjangan dan kewenangan lebih besar.

3) Perang sektarian siyah vs sunni
Perang ideologi antara 2 golongan ini sangat berbahaya dan akan berkepanjangan. Semua negara DK PBB dan EU tdk berupaya segera mengakhiri pertikaian, namun justru semakin membuka pintu lebar2 agar semua umat İslam tergiring ke isu point 3.

Bagaimana posisi Turki?
1) Memerangi iş** adalah isu titik temu semua negara bertikai serta pendukungnya. Sejak is** menyerang Kilis /Turki mk diberlakukan aksi 'Fırat kalkanı' utk mempertahankan keamanan perbatasan Turki thd serangan iş** namun juga dapat memutus mimpi bersatunya YPG/PKK di utara Syria dan İrak.

2) Aksi Fırat Kalkanı diluar prediksi usa dan eu. Rusia menempatkan roket pelindung serangan udara S400 di Syria. Nmn tidak berfungsi ketika pesawat Turki menggempur wilayah2 is** dan ypg/pkk di utara Syria, İrak.

Hal ini merupakan salah satu buah diplomasi Turki ke Rusia setelah kasus ditembaknya SU 24 Rusia yg melanggar wilayah Turki dlm wkt yg singkat. Perintah penembakan ini oleh Jendral FETO yg berkiblat ke usa. Sejak itu ada embargo Rusia ke Turki, nmn setelah kudeta feto yg gagal mk diplomasi dg Rusia semakin mulus.

Kasus Aleppo/Halib.
Di tengah2 Turki dan peluang Syria/FSA merebut bbrp wilayah yg diduduki iş** kasus aleppo mencuat. Sangat disayangkan bahwa İran lebih mudah terperangkap pd Perang ideologi yg ditargetkan mereka. Kasus aleppo telah di veto oleh Rusia dan China di PBB. Setelah itu diadakan perundingan di Perancis yg sangat mengecewakan Turki. Menlu Turki, Çavuşoğlu sampaikan bahwa perundingan tsb hanya mengulur-ulur wkt saja tanpa solusi yg jelas, sementara korban yg berjatuhan sudah di depan mata.

Langkah2 Turki
Çavuşoğlu adakan diplomasi dg menlu Rusia dan Erdoğan telefon Putin utk meredakan suasana dan meminimalisasi korban. Sementara dg usa dan NATO blm bisa diharapkan dlm wkt yg cepat. Urgensi peran diplomasi yg handal

Kemungkinan besar Turki tidak mengirim militernya utk membebaskan aleppo dlm wkt dekat. Pertama, tahap pemulihan hubungan dg Rusia akibat makar Feto dan perkembangan yg positif thd penanganan bersama thd pengungsi. Kedua, tidak ingin terperangkap perang syiah vs sunni sesuai target mereka. Ketiga, Kondisi internal yg cukup berat krn saat ini Turki juga sedang mengalami kudeta ekonomi dan aksi2 teror dari PKK/YPG serta is** yg dibacking usa dan eu.

Demikian ulasan singkat thd kasus Aleppo. Semoga Allah menolong kaum muslimin dalam menegakkan kebenaran, memerangi kezhaliman dan memberikan kesabaran. Aamiin.


#Abu Abdurrahman#
Reactions: 

Related

Internasional 2748185314761662617

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Promo Gamis SAMARAH

Random News

item