flatnews

Waspadai Kejahatan di Aplikasi Kencan Dating

Pakar keamanan siber Pratama Persadha menerangkan pentingnya mewaspadai ancaman penipuan dan kejahatan lain berasal dari aplikasi kencan ata...


Pakar keamanan siber Pratama Persadha menerangkan pentingnya mewaspadai ancaman penipuan dan kejahatan lain berasal dari aplikasi kencan atau dating.

Umumnya aplikasi dating ini memang untuk dewasa, artinya pengguna sudah tahu ada resiko penipuan, pelecehan bahkan kejahatan lainnya.

Misalnya kasus pembunuhan seorang manager, yang janjian dengan seorang wanita lewat aplikasi tinder, ternyata saat jamjian ngamar di apartemen kemayoran, pelaku wanita mengajak rekan pria untuk menghabisi korban dan mengambil sejumlah uang. Ini hanya sebagai contoh terburuknya.

Sebenarnya aplikasi dating juga tidak jauh beda dengan media sosial lainnya seperti FB dan juga Instagram. Hanya saja memang fokusnya untuk kencan dan mencari pasangan baik yang serius atau memang sekedar main-main.

Aplikasi kencan biasanya ada proses matching, setelah keduanya match saling suka mereka dipertemukan dengan fitur pesan inbox. Selanjutnya mereka bisa bertukar nomor.

Komunikasi lewat WA, baik teks, telpon dan video ini memang yang sering digunakan untuk melakukan perbuatan yang kurang menyenangkan. Apapun itu, pelaku bisa pria dan wanita. Mulai dari meminta lawan bicara membuka baju sampai meminta hubungan badan.

Hal semacam ini dalam beberapa kasus menjadi pelecehan karena ada unsur memaksa dan biasanya pelaku merasa aman karena belum kenal serta memakai identitas palsu atau nama alias.

Ini banyak terjadi tak hanya di sini tapi di seluruh dunia. Pelecehan juga sering terjadi saat pertemuan pertama dengan bermacam modus.

Karena itu penting sekali edukasi negara kepada masyarakat tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di internet.

Jadi sebenarnya penyedia platform juga tidak terlalu punya andil dalam setiap tindakan pelecehan karena itu adalah behavior dari masing-masing individu yang tidak bisa dikontrol. Namun penyedia platform bisa memberikan fitur pelaporan agar tindakan serupa tidak terulang. Bahkan beberapa aplikasi kencan memberikan fitur verifikasi untuk mengurangi akun palsu di platform mereka. Tujuannya jelas untuk mengurangi pelecahan dan kejahatan.


Sumber CISSReC

Foto idntimes

Reaksi: 

Related

Tekno 8722200235661402810

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Random News

item