flatnews

Pajak Mobil 0% Direalisasikan Mulai Maret, Ini Cara Hitung Harga Mobil

  Janji pemerintah untuk merealisasikan pajak 0% untuk mobil baru akhirnya tiba juga. Namun tidak seperti yang diharapkan diawal bahwa pajak...

 



Janji pemerintah untuk merealisasikan pajak 0% untuk mobil baru akhirnya tiba juga. Namun tidak seperti yang diharapkan diawal bahwa pajaknya akan benar-benar 0%. Kali ini lewat Menko Perekonomian Airlangga hartanto, pemerintah mengumumkan pajak 0% hanya akan direalisasikan ke PPnBM, pajak penjualan atas barang mewah.

Ada 4 komponen utama dari pajak mobil saat pembelian, yaitu PPN (Pajak Pertambahan Nilai), PPnBM (Pajak Penjualan atas barang Mewah), BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) dan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). 

Pemerintah sendiri merencanakan PPnBM 0% untuk pembelian mobil bulan Maret-Mei 2021. PPnBM 50% pada Juni-Juli 2021 dan PPnBM 25% untuk Agustus-September 2021. 

Mobil yang mendapatkan keringanan PPnBM adalah yang dibawah 1500 cc serta punya kandungan lokal 70% dan dirakit di Indonesia. Mobil-mobil seperti Nissan Livina, Mitsubhisi Xpander, Mobilio, Ertiga dan Avanza adalah sederet contoh mobil 1448-1449 cc, sehingga mendapatkan keringanan pajak.

Menghitungnya mudah, untuk mobil non LCGC biasanya mempunyai PPnBM 10% dan PKB non progresif 2%. Tinggal dilihat di STNK berapa nilai PKB mobil-mobil terbaru lalu dikali 5.

Misalnya PKB dari Xpander 4 juta, tinggal dikali 5 jadi ada potongan kurang lebih Rp 20 juta, tergantung dari masing-masing tipe yang ada. Untuk LCGC PPnBM selama ini adalah 3%, jadi potongan tidak terlampau besar kisaran 3-5 juta rupiah.

Untuk mobil-mobil SUV 500 jutaan seperti CRV belum diketahui apakah termasuk dalam mobil yang mendapatkan keringanan PPnBM. Meski cc mesinnya dibawah 1500, namun TKDN belum diketahui. Honda Brio dan Mobilio sendiri TKD hampir 90%.

Fortuner dan Innova, meski memiliki TKDN 75% dan 85%, namun karena mesinnya lebih dari 1500 cc, tidak mendapatkan keringanan PPnBM.

Jadi secara umum keringanan PPnBM ini akan meningkatkan mobil low MPV seperti Xpander, Avanza, Livina dan Ertiga, serta mobil low SUV seperti Terios, Rush dan juga Nissan Magnite. Kisaran potongan sebesar 20 jutaan rupiah.

Harga mobil bisa lebih murah lagi, karena beberapa merek mobil memberikan diskon seperti Nissan. Mobil Livina diketahui diskon 50 juta untuk mobil NIK 2019, artinya untuk Nissa Livina VL dari harga 272 juta bisa menjadi 202 juta rupiah.

Reaksi: 

Related

Otomotif 1627389100553195692

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Random News

item