flatnews

Solusi Zero Trust dan SASE Sangat Diperlukan di Masa Pandemi

Jaringan CIO dari Indonesia, Singapura dan Malaysia pada hari Rabu (3/2/2021) telah menyelenggarakan acara webinar eksklusif dan sesi panel ...



Jaringan CIO dari Indonesia, Singapura dan Malaysia pada hari Rabu (3/2/2021) telah menyelenggarakan acara webinar eksklusif dan sesi panel diskusi bertajuk "SASE vs. Zero Trust, What is the Difference ? ".

Dr. Pratama Persadha (Pakar Keamanan Siber dari CISSReC) yang menjadi keynote speaker (pembicara utama) mengatakan bahwa masih banyak perusahaan yang belum menyadari sejauh mana keamanan IT yang mereka miliki.

"Webinar ini juga disponsori bersama oleh jaringan keamanan siber dari Malaysia dan Indonesia yaitu Bitglass, ICION 2020, CSCIS, CISSRec dan ISC2,"  terang Pratama.

Ia menambahkan bahwa webinar ini adalah yang pertama dari jenisnya dengan pakar keamanan siber dari tiga negara tetangga Malaysia, Singapura dan Indonesia dan memiliki lebih dari 70 peserta terdaftar diacara virtual tersebut.

"Virtual event ini dilakukan melalui platform zoom dan peserta yang sudah mendaftar bisa mengikuti diskusi panel." kata Pratama.

Ditambahkan bahwa ketika berbicara mengenai Secure Access Service Edge(SASE)  dibandingkan dengan zero trust maka saat ini dikala semua orang bekerja dari rumah maka kemanan menjadi isu utama yang tatkala mengakses internet dari tempat - tempat umum pasti banyak acaman yang mengancaman sistem kita.

"Zero Trust hadir ketika sedang tren nya istilah bring your own device, yang berarti kita bisa mengakses jaringan kantor dari gadget yang kita miliki.  namun saat WFH,  masalah keamanan mulai memudar, ketika mengakses sistem server dari remote banyak celah-celah kemanan disana" cetus Pratama.

Pratama menambahkan karena SASE merupakan teknologi baru,  maka ada beberapa yang perlu diperhatikan terutama masalah SDM.  SDM harus mengerti bagaimana melakukan control,  setting,  configuration,  dan lain sebagainya yang membutuhkan waktu dalam beradaptasi sehingga “worth it”dalam mendapatkan keamanan yang maksimal.

“Jadi yang perlu dipahami yaitu tidak ada SASE kalau tidak ada Zero Trust,  artinya kedua sistem ini adalah sistem yang saling berkaitan.  Namun tampaknya percuma saja jika sistem yang dibuat canggih namun security-nya lemah” cetus Pratama.

Related

Tekno 3180182713959784623

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Random News

item