flatnews

Melindungi Data Pribadi dengan UU, Tak Cukup Imbauan

Beberapa waktu lalu Menkominfo Rudiantara meminta masyarakat untuk selalu mawas diri dan hati-hati dalam melindungi data pribadinya. Ini   t...



Beberapa waktu lalu Menkominfo Rudiantara meminta masyarakat untuk selalu mawas diri dan hati-hati dalam melindungi data pribadinya. Ini  

terkait dengan banyaknya praktik penyimpangan penggunaan data pribadi masyarakat. Yang paling ramai tentunya penyalahgunaan nomor NIK dan KK, bahkan satu NIK bisa didaftarkan sampai 2 juta lebih nomor seluler prabayar.

Pasca pemberlakuan wajib registrasi belum ada angka pasti berapa penurunan tingkat penipuan menggunakan SMS dan panggilan telepon. Di Indonesia penpuan lewat SMS dan telepon paling marak, mengingat mudahnya membeli nomor baru, ditambah dengan praktek jual beli data pribadi, mulai dari nomor telepon, alamat email, sampai nomor NIK dan KK.

Pakar keamanan siber Pratama Persadha melihat ada kekurangan fundamental di Tanah Air terkait perlindungan data pribadi. Menurutnya, keberadaan UU Perlindungan Data Pribadi mutlak diperlukan dalam era serba digital seperti saat ini.

"Pemerintah tidak cukup dengan mengimbau masyarakat untuk hati-hati. Masyarakat memerlukan instrumen Undang-Undang. Bahkan penegak hukum juga demikian, tidak hanya cukup imbauan saja," terang chairman lembaga riset keamanan siber CISSReC (Communication and Information System Security Research Center) ini.

UU Perlindungan Data Pribadi mencuat karena banyaknya penyalahgunaan NIK dan KK dalam praktik registrasi nomor seluler prabayar. Padahal menurut Pratama, UU tersebut ditujukan lebih luas lagi tidak hanya mengatur keamanan data terkait nomor seluler.

"Praktik yang sudah jamak salah satunya pengumpulan data pribadi masyarakat di lembaga keuangan. Bentuk instrumen yang memaksa para pengumpul itu untuk tidak menyalahgunakan harus tegas jelas dan dalam bentuk UU, jadi sangat kuat," jelas pria asal Blora Jawa Tengah ini.

Sumber : www.suaramerdeka.com

Related

Tekno 3123947888755122719

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Random News

item